Pelatihan Perawat Kamar Bedah 2021

 


Perawat Kamar Bedah

Jika kamu memiliki cita-cita menjadi seorang perawat, khsusnya perawat kamar bedah apakah kamu tahu bagaimana caranya?. Perawat adalah profesi yang mulia dan menjanjikan. Kamu bisa menjadi perawat mandiri atau bekerja di instansi kesehatan milik pemerintah atau swasta.

Sebelum kita membahas tentang peluang menjadi perawat kamar bedah, serta bagaimana cara mendapatkan sertifikat pelatihan kamar operasi. Simaklah sedikit fakta seputar perawat yang mungkin menarik untuk diketahui.

Fakta Tentang Jejak Karir di Keperawatan


Profesi Keperawatan adalah profesi yang mulia. Tanpa orang-orang ini, tidak ada yang bisa merawat pasien dan menjaga pasien yang sedang sakit selama 24 jam di rumah sakit atau di vasilitas kesehatan laiinya.

Fakta Tentang Jejak Karir di Keperawatan


Kedepan profesi keperawatan di indonesia akan di isis oleh tenaga kesehatan dari luar negeri, karena tuntukan akan pelayanan keperawatan yang lebih baik lagi. Pemerintah Indonesia saat ini telah mengirim tenaga kerja indonesia khususnya tenaga perawat ke seluaurh negara di Dunia yang membutuhkan bantuan atau pekerja perawat.

Ini adalah menarik untuk diketahui karena gaji perawat itu tidak bisa dianggap remah, seorang PNS perawat di rumah sakit akan menerima upah yang cukup besar lho.

  1. Perawat tingkat dasar atau level Diploma keperawatan sakan menerima yang cukup tinggi, dan sangat dihargai di pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit negeri maupun swasta. Jika dirata-ratakan mereka bisa mendapatkan gaji diatas 100 jt rupiah selama setahu. Menarik bukan
  2. Tidak seperti kursus lain yang mengharuskan siswa untuk mendapatkan gelar dalam 4 tahun, perawat dapat lulus dan mendapatkan pekerjaan setelah minimal 3 tahun. Bidang program ini adalah gelar D3 Keperawatan. Mahasiswa dari kedua program ini dapat kembali bersekolah di kemudian hari untuk melanjutkan studi dengan mendapatkan gelar Bachelor of Science in Nursing atau BSN.
  3. Perawat juga dapat memperoleh pekerjaan di tempat selain rumah sakit. Ini termasuk sekolah, lembaga pemasyarakatan, perusahaan swasta, laboratorium penelitian, dan rumah karena hanya tiga dari lima perawat terdaftar yang bekerja di rumah sakit.
  4. Rasio antara perawat terdaftar dan dokter adalah 4: 1 cukup banyak bukan yang dibutuhkan tenaga perawat ini. Selain memberikan layanan perawatan kesehatan biasa kepada pasien, mereka juga mengajarkan pasien tentang pencegahan dan pekerjaan di bidang lain seperti jantung, kesehatan keluarga, ginekologi, neonatal, neurologi, onkologi, pediatri dan spesialisasi klinis tingkat lanjut lainnya.
  5. Perawat bekerja antara 8 sampai 10 jam per shift karena resiko terjadinya kesalahan lebih besar jika bekerja lebih dari 12 jam.
Fakta-fakta yang disebutkan tentang keperawatan hanya menunjukkan bahwa perawat memainkan peran penting dalam menyelamatkan nyawa dalam sistem perawatan kesehatan negara secara keseluruhan. 

Para dokter tidak bisa berbuat banyak jika mereka hanya bekerja sendiri, maka dari itu sebagai tenaga perawat profesional terlatih untuk menindaklanjuti apa yang harus mereka lakukan untuk merawat pasien.

Jika kamu memiliki keinginan untuk membantu orang, mendapatkan penghasilan dan hidup layak mungkin Anda harus melihat apakah menjadi perawat mungkin bisa anda jadi pilihan tepat untuk Anda.

Jika kamu memilih untuk menjadi seorang perawat apa yang pertama harus saya lakukan?

  • Sekolah Keperawatan, apakah jenjang vokasional atau profesional.
  • Mendapatkan Ijasah Perawat dan mencari lisensi perawat alias STR (Surat Tanda Registrasi) perawat
  • Mencari Loker Perawat seperti Rumah sakit, klinik kesehatan, puskesmas, Mendaftar PNS, atau mendaftar Perawat luar negeri
  • Setelah kamu menjadi perawat, jika berminat menjadi perawat kamar bedah maka kamu harus minimal memiliki pengetahua seputar kamar operasi.
  • Sertifikat perawat kamar operasi, kamu bisa dapatkan dengan mengikuti pelatihan Kamar Bedah yang dilaksanakan minimal 3 bulan. 
  • Basic Skill Course Operating Room Nurse (BSCORN) adalah sertifikat pelatihan dasar kamar operasi yang bisa kamu dapatkan dan menjadi acuan standar perawat kamar bedah di Indonesia


Info seputar pelatihan kamar bedah, kamu bisa dapatkan dengan menjadi anggota kamar bedah indonesia. Website resmi Perawat Kamar operasi Indonesia, bisa kamu lihat dengan membuka  link berikut.

Hipkabi Pelatihan Dasar Perawat Kamar Bedah Program 3 Bulan

Hipkabi Pelatihan Dasar Perawat Kamar Bedah Program 3 Bulan


Posting Komentar untuk "Pelatihan Perawat Kamar Bedah 2021"