Kamar Operasi Tekanan Negatif Untuk Pasien Covid

Kamar operasi khusus untuk penyakit infeksi seperti Covid 19, karena penularannya melalui udara dan droplet seperti yang telah kita ketahui bersama. Maka jenis penanganannya berbeda dengan prosedur operasi lainnya.

Kualitas Udara di rumah sakit mempunyai peran yang lebih penting dari sekedar promosi kenyamanan. Dalam banyak kasus, pengelolaan udara yang tepat merupakan faktor terapi pasien dan dalam beberapa kasus merupakan pengobatan yang utama.

Suatu lingkungan yang sejuk, dan kering paling disukai, hilangnya panas karena penguapan dari kulit dapat menyelamatkan jiwa pasien. 

Pasien dengan penyakit paru-paru kronis sering memiliki lendir kental pada saluran pernapasannya. Lendir menumpuk dan meningkatkan viskositas, pasien bertukar dari panas dan air. Dalam keadaan ini menghirup yang hangat, udara lembab sangat penting untuk mencegah dehidrasi.

Contoh virus yang terbawa oleh udara dan mematikan, seperti Varisela (cacar air/herpes zoster), Rubella (Campak, Jerman) dan Rubeola (campak biasa). Bukti epidemiologis dan studi lain menunjukkan bahwa banyak virus di udara yang membawa infeksi berukuran sub mikron, dengan demikian tidak ada metode yang layak dikenal untuk secara efektif menghilangkan 100% dari partikel-partikel. Saat ini tersedia filter HEPA dan/atau filter ULPA yang memberikan effisiensi terbesar. 

Upaya untuk menonaktifkan virus dengan sinar ultra violet dan semprotan kimia belum terbukti dapat diandalkan atau cukup efektif untuk direkomendasikan sebagai tindakan pengendalian infeksi primer. Oleh karena itu isolasi ruang dan isolasi ruang antara (ante room) dengan perbedaan tekanan dan ventilasi yang tepat merupakan sarana utama yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan rumah sakit.

0 Response to "Kamar Operasi Tekanan Negatif Untuk Pasien Covid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel