Berbagai Jenis Jenjang Karir Perawat

Berbagai Jenis Jenjang Karir Perawat

Perawat adalah suatu profesi yang mulia, dan keperawatan adalah bidang perawat yang beragam. Jika anda ingin sukses dalam profesi ini, anda harus memiliki spesialisasi dan terdapat banyak seklai spesialisasi didunia Keperawatan. Ada berbagai jenis peluang perawat dalam mengembangkan karirnya, mari kita bahas berikut.

Jika anda adalah seorang perawat hanya bekerja di rumah sakit, atau memiliki cita-cita menjadi seorang perawat yang profesional maka mulai sekrang tentukan pilihanmu. Karena profesi keperawatan tidak semestinya berada 24 jam dirumah sakit.

Seprang profesional keperawatan, memang sangat dibutuhkan di rumah sakit. Akan tetapi ingatlah ada beberapa pasien yang berkebutuhan khusus yang membutuhkan perawatan kesehatan di rumah. Hal ini yang membuat profesi perawat menyenangkan, serta karir perawat bisa diperhitungkan.

Jenis-jenis Jenjang Karir Perawat

Perawat Home Care

Perawat Home care adalah perawat yang melakukan tindakan keperawatan di rumah. Sebagai perawat homecare kamu akan melakukan berbagai tindakan keperawatan seperti, Memandikan pasien, mengganti pembalut luka, pemeriksaan kesehatan umum serta kebutuhan pasien lainnya. 

jenis jenjang karier perawat, sebagai perawat homecare

Seorang perawat Homecare maka care kepada pasien adalah yang utama, karena selain obat yang diberikan ketenangan jiwa dan pikiran juga dapat membantu proses kesembuhan pasien dengan segera.

Menjadi perawat homecare kamu harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal diploma keperawatan, atau Ahli madya keperawatan.

Perawat Asisten

Jenis-jenis Jenjang Karir Perawat

Jangankan dokter yang punya asisten, ternyata perawata juga ada lho, perawat asisten akan mendapatkan pekerjaan sebagai asisten perawat yang ada diruangan. Pekerjaannya adalah membantu tugas utama dari perawat utamanya (nurse) seperti memandikan dan memberi makan pasien yang tidak dapat melakukannya sendiri. 

Mereka juga membantu dokter dengan menjaga pasien, mengantar kamar mereka dari ruang pemeriksaan atau ruang pemulihan setelah mereka menjalani operasi.

Jika kamu berminat menjadi perawat asisten, maka kamu harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal telah menempu pendidikan Sekolah Menengah keperawatan atau SMK Keperawatan.

Register Nurse

Bagian terbaik tentang menjadi perawat adalah menjadi seorang Rn atau Register Nurse. Menjadi Rn atau di indonesia disebut nurse maka kamu akan mendapatkan lisensi untuk melakukan pekerjaan keperawatan secara penuh.
Jenis-jenis Jenjang Karir Perawat

Sekarang permintaan akan perawat terregistrasi sangat banyak, jadi menjadi peluang buat kamu dalam memilih jenjang karir selanjutnya.

Perawat Spesialis Gawat Darurat

Saat paramedis membawa pasien ke rumah sakit, dokter membutuhkan bantuan perawat ruang gawat darurat untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Tugas mereka adalah menilai kondisi pasien dan mengikuti arahan dokter tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Jenis-jenis Jenjang Karir Perawat



Untuk berkarier sebagai perawat gawat darurat, kamu harus bisa berpikir cepat karena kecelakaan bisa saja terjadi dari menit kemenit. keadaan gawat darurat adalah hal yang mempengaruhi keadaan pasien tentang hidup atau matinya orang tersebut.

Perawat gawar darurat adalah perawat yang memiliki kualifikasi pendidikan minimal diploma keperawatan, dan memiliki sertifikat pelatihan khusus gawat darurat. Misalnya pelatihan BTCLS, BLS, BCLS, SPGDT dll

Perawat Bangsal

Perawatan Bangsal atau perawat ruangan adalah hal lain yang bisa kamu jelajahi jika memilih menjadi seorang perawat profesional. Di sini, kamu akan menemukan dirimu bekerja di unit bedah, unit perawatan intensif, perawatan pasca persalinan, perawatan mata, perawatan geriatri atau pediatri.

Jenis-jenis Jenjang Karir Perawat

Menjadi perawat ruangan akan membuat kamu untuk mampu berpindah dari satu departemen ke departemen lainnya. Sebagai perawat ruangan akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan banyak pengalaman sehingga kamu dapat memilih apa yang ingin kamu spesialisasikan di masa depan.

Perawat Kamar Bedah

Ruangan yang dekat dengan perawat ruang gawat darurat adalah ruangan operasi. Bagi kamu yang berminat menjadi perawat kamar bedah yang profesional dan kamu ingin mengejar hal ini maka kamu harus memiliki kualifikasi pendidikan minamal diplomat keperawatan dan telah memiliki licensi pelatihan kamar bedah.

Jenis-jenis Jenjang Karir Perawat

Menjadi perawat kamar bedah, pertama-tama tugas kamu sebagai perawat sirkulasi. Perawat Sirkulasi adalah perawat yang menjadi perawat perantara di ruang operasi dengan membantu tugas perawat Scrub. 

Perawat kamar bedah juga harus mampu menjadi asisten ahli bedah selama operasi berlangsung. Syarat menjadi perawat bedah adalah berani jika melihat darah atau harustahan terhadap bau.

Mengingat berbagai jenis karier keperawatan yang telah disebutkan, terserah kamu untuk memutuskan mana yang ingin kamu ambil. Tidak seperti pekerjaan lain yang anda lamar terlepas dari kursus apa yang telah kamu ambil di perguruan tinggi, yang satu ini mengharuskan kamu  untuk mendaftar di sekolah perawat dan lulus ujian lisensi negara.

Bagi mereka yang ingin memajukan karirnya lebih jauh, mereka dapat mengambil gelar master atau doktor agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ini akan memungkinkan orang tersebut untuk menangani orang atau mengambil lebih banyak tanggung jawab di masa depan. Mengingat bahwa masih ada kekurangan perawat sekarang, peluangnya menjadi tidak terbatas.

0 Response to " Berbagai Jenis Jenjang Karir Perawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel