SOP STERILISASI ALAT KESEHATAN DARI PLASTIK DENGAN LARUTAN KIMIA (CIDEX)

STERILISASI ALAT DARI PLASTIK DENGAN LARUTAN KIMIA

SOP STERILISASI ALAT DARI PLASTIK DENGAN LARUTAN KIMIA

Sterilisasi adalah Suatu kegiatan menghilangkan mikroba termasuk endospora pada alat kesehatan. Proses membunuh bakteri dan kuman dari bahan plastic seperti: slang oksigen, masker inhalasi dan slang WSD berbeda dengan proses sterilisasi dengan alat kesehatan yang berbasis besi atau aluminium.

Alat kesehatan berbahan plastik penggunaannya sangat vital untuk beberapa tindakan tertentu. Seyogyanya penggunaan alat kesehatan berbahan dasar plastik seharusnya sekali pakai, tapi karena beberapa rumah sakit atau fasilitas kesehatan terbentur dari masalah pengadaannya maka reuse bisa jadi pilihan alternatif.

Proses membersihkan kuman dari bahan yang plastik termutakhir adalah menggunakan uap dingin, atau menggunakan EO alias Etilon Okside. Akan tetapi beberapa pelayanan kesehatan masih menggunakan sistem Sterilisasi dengan larutan kimia. 

Larutan kimia yang dimaksud adalah Cidex. Cidex adalah sebutan umum untuk berbagai larutan yang digunakan untuk tujuan antimikroba atau disinfeksi.

Jenis jenis Cidex sebagai berikut.

Cidex OPA

Cidex OPA, adalah merek dagang tetapi kandungan bahannya adalah phthalaldehyde sebagai bahan aktifnya.

Bahan Phthalaldehyde (terkadang juga o-phthalaldehyde atau ortho-phthalaldehyde, OPA) adalah senyawa kimia dengan rumus kimia C6H4 (CHO)2. Ini adalah salah satu dari tiga isomer benzena dicarbaldehyde, yang berhubungan dengan asam ftalat. Padatan kuning pucat ini merupakan bahan penyusun dalam sintesis senyawa heterosiklik dan pereaksi dalam analisis asam amino. OPA larut dalam larutan air pada pH <11,5. Solusinya menurunkan iluminasi UV dan paparan udara.

Cidex OPA biasanya digunakan sebagai disinfektan tingkat tinggi untuk peralatan medis, biasanya dijual dengan merek Cidex OPA atau TD-8. Disinfeksi dengan OPA diindikasikan untuk instrumen semi-kritis yang bersentuhan dengan selaput lendir atau kulit yang rusak, seperti spekula, cermin laring, dan probe ultrasound internal. 
Cidex OPA, adalah merek dagang tetapi kandungan bahannya adalah phthalaldehyde


Nu-Cidex

Nu-Cidex, bahannya adalah peracetic acid. Asam perasetat (juga dikenal sebagai asam peroksiasetat, atau PAA), adalah senyawa organik dengan rumus CH3CO3H. Peroksida organik ini adalah cairan tidak berwarna dengan bau tajam khas yang mengingatkan pada asam asetat. Ini bisa SANGAT KOROSIF.

Penggunaan Nu-Cidex di Amerika Serikat pertama kali mendaftarkan asam perasetat sebagai antimikroba pada tahun 1985 untuk penggunaan dalam ruangan pada permukaan yang keras. Situs penggunaan termasuk tempat pertanian, perusahaan makanan, fasilitas medis, dan kamar mandi rumah. 

Asam perasetat juga terdaftar untuk digunakan di pabrik pengolahan susu dan keju, peralatan pemrosesan makanan, dan pasteurizer di pabrik bir, kilang anggur, dan pabrik minuman. Ini juga diterapkan untuk desinfeksi perlengkapan medis, untuk mencegah pembentukan biofilm di industri pulp, dan sebagai pemurni air dan disinfektan. 

Asam perasetat dapat digunakan sebagai disinfektan air menara pendingin, yang mencegah pembentukan biofilm dan secara efektif mengendalikan bakteri Legionella. Nama dagang asam perasetat sebagai antimikroba adalah Nu-Cidex. 


Nu-Cidex, bahannya adalah peracetic acid.

Cidex Plus

Cidex Plus, dengan bahan aktinya adalah glutaraldehyde. Glutaraldehyde yang dijual dengan merek Cidex dan Glutaral antara lain adalah disinfektan, obat, pengawet, dan fiksatif. Sebagai disinfektan, ini digunakan untuk mensterilkan instrumen bedah dan area lain di rumah sakit. Sebagai obat, digunakan untuk mengobati kutil di bagian bawah kaki. Glutaraldehyde diaplikasikan sebagai cairan.

Efek samping dari penggunaan Cidex-Plus adalah dapat menyebabkan termasuk iritasi kulit. Jika terkena dalam jumlah besar, mual, sakit kepala, dan sesak napas dapat terjadi. 

Peralatan pelindung dianjurkan bila digunakan, terutama dalam konsentrasi tinggi. Glutaraldehida efektif melawan berbagai mikroorganisme termasuk spora. Glutaraldehyde adalah dialdehyde bekerja dengan sejumlah mekanisme.

Cidex Plus, dengan bahan aktinya adalah glutaraldehyde


Tujuan sterlisasi alat kesehatan berbahan plastik adalah untuk mencegah terjadinya infeksi silang dan alat tersebut dapat digunakan kembali.

Prosedur Persiapan Sterlisasi Alat Kesehatan Berbahan Plastik

  1. Perlengkapan Petugas Sterilisasi Seperti : Celemek, Hansdcoon Steril, Handscoon On Steril, Masker Dan Topi
  2. Larutan sterilisasi Cidex dalam bak perendam
  3. Alat kesehatan plastic yang sudah dicuci bersih
  4. Tromol Steril Yang berisi cairan normal salin atau Aquades.
  5. Meja Instrumen yang telah dialasi Dengan Kain Steril
  6. Bascom berisi air steril

Langka-Langkah Sterlisasi Alat Kesehatan Berbahan Plastik

  1. Petugas Sterilisasi Mencuci Tangan Sebelum Bekerja
  2. Petugas Menggunakan Perlengkapan (APD)
  3. Alat/Instrument Dimasukkan Satu Persatu Kedalam Bak Sterilisator yang berisi larutan Desinfektan Sampai Semua Terendam kemudian Bak Sterilisator Ditutup Rapat.
  4. Perendam dilakukan selama Minimal 30 menit atau tergantung dari Cairan Cidex. Tiap produk berbeda p[enggunaannya jadi baca dan perhatikan manual petunjuknya yah.
  5. Setelah direndam sesuai instruksi, kemudian petugas memakai handscoon steril untukmengambil instrumen yang direndam tersebut.
  6. Petugas Mengambil Satu Persatu Alat/ Instrument Dari Sterilisator Dan dimasukkan kedalam Tromol Steril yang berisi cairan normal salin atau cairan Aquades.
  7. Bilas satu persatu instrumen yang telah direndam tadi dengan aquades atau normal salin steril
  8. setelah dilakukan pembilasan maka instrumen tadi disimpan pada wadah yang steril, kain steril atau tromol steril
  9. lakukan pengeringan manual jika tidak memiliki alat pengering automatis.
  10. setelah kering alat dan instrumen isa langsung digunakan kembali
  11. Petugas Melepaskan Handscoon Dan Mencuci Tangan Selesai Kerja         
  12. Mencatat semua prosedur tindakan dalam buku lamporan pemakaian alat untuk menjaga keteraturan dan kesinambungan alata kapan bisa dilakukan sterilisasi ulang.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Referensi
  • Eni Kusyati,S.kep Ns Keterampilan Dan Prosedur  laboratorium Keperawatan dasar. EGC Jakarta : 2006 
  • Gambar dari google

0 Response to "SOP STERILISASI ALAT KESEHATAN DARI PLASTIK DENGAN LARUTAN KIMIA (CIDEX)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel