Saya akan Operasi Sesar, Apakah Perlu di Bius Total

Selama ini proses bersalin, Sang ibu tetap sadar agar dapat mengejan saat kontraksi dan mendorong bayinya keluar. Selain itu, juga agar sang ibu dapat segera melihat Si Buah hati setelah lahir nanti. Namun, ada kondisi-kondisi darurat yang membuat ibu hamil harus dibius total saat persalinannya. Apa saja itu...? 

Bius Total alias General Anestesi, apakah itu..? 

General Anastesi yang bahasa awamnya adalah bius total adalah suatu keadaan dimana kamu tidak akan merasakan apapun selama proses yang berlangsung misalnya prosedur operasi. Kamu akan tertidur karena pengaruh obat bius, kamu akan dipasangi alat bantu nafas. 

Banyak pasien akan merasa aman dan nyaman saat dilakukan tindakan pembedahan dan meminta untuk dilakukan bius total. Tapi, mereka tidak tahu bahwa tidak semua tindakan operasi dilakukan prosedur General Anastesi. 

Sama halnya dengan proses persalinan, paling umum proses persalinan normal itu melalui jalan lahir normal tang disebut persalinan pervaginal. 

Persalinan yang lain yang banyak orang menyebut persalinan lewat "pintu"  adalah persalinan secara secar. Kamu tahu tidak, jika persalinan sesar itu butuh yang namanya proses pembiusan. 

Jenis-Jenis pembiusan dalam operasi secar yang harus kamu tahu

Pada operasi caesar, pemberian obat bius atau anestesi yang dilakukan adalah bius regional, berupa anestesi spinal. Anestesi ini dapat menghilangkan sensasi nyeri dari pinggang ke bawah, namun sang ibu masih terjaga dan dapat segera melihat Anaknya setelah lahir.

Sementara itu, bius total atau anestesi umum dapat diberikan pada proses persalinan jika terjadi kondisi-kondisi penyulit, seperti:

  • Ibu hamil mengalami perdarahan hebat selama kehamilan.
  • Kelahiran sungsang alias persalinan letak lintang,  yang tidak terdeteksi sebelumnya.
  • Bahu bayi tersangkut di jalan lahir (distosia bahu).
  • Kelahiran bayi kembar lebih dari 2, yang ditakutkan proses persalinan akan lama. 
  • Proses persalinan terlalu lama, dan efek obat bius spinal cepat habis
Berbagai kondisi di atas dapat menyebabkan keadaan gawat darurat, yang membuat pembiusan total diperlukan demi menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya. 

Bius total hanya dilakukan apabila dokter sudah menilai manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Setelah dibius total, persalinan umumnya dilanjutkan dengan operasi caesar secara darurat.

Post a Comment for "Saya akan Operasi Sesar, Apakah Perlu di Bius Total"