Prosedur Perawatan Bayi dalam Inkubator

Prosedur Perawatan Bayi dalam Inkubator


Bayi lahir baru meluangkan waktu untuk membiasakan dengan lingkungan eksternal khususnya jika mereka lahiran secara prematur dan berat badan rendah. Ketika itu mereka berada di risiko untuk terjadi hipoksia, hipotermia dan lainnya yang terkait kondisi buruk, membutuhkan perawatan khusus dan perhatian lebih dari perawat atau orang tua. 

Mengenal kata Inkubator itu awalnya dikenal istilah inkubasi berasal dari kata latin 'Incubare' yang berarti "berbaring". Inkubasi adalah proses menyediakan lingkungan untuk menjaga.

Demikian pula, Inkubator adalah alat yang digunakan untuk menjaga berat badan bayi prematur rendah di lingkungan termo netral.

Oleskan minyak atau paraffins liqud pada kulit bayi baik di dalam atau di luar inkubator mengurangi kehilangan panas sebesar 50%. Jika sangat penting bagi bayi untuk mendapatkan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan dan pembangunan.

Indikasi perawatan Inkubator

Indikasi perawatan inkubasi tergantung pada neonatus kemampuan untuk mempertahankan dan mengadopsi dalam lingkungan eksternal. Tapi pada umumnya semua bayi prematur, bayi dengan berat lahir rendah (<1000g) dapat stabil, anak hipotermia (<32 ˚ c), anak-anak membutuhkan inkubator dalam perawatannya. 

Inkubator sering digunakan untuk mengangkut bayi dari satu tempat ke tempat lain, seperti rujukan ke rumah sakit lain, di dalam rumah sakit untuk berbagai investigasi misalnya CT scan & MRI. Neonatus yang membutuhkan observasi dekat juga disimpan di inkubator.

Tujuan utama menjaga dan merawat sebuah neonatus dalam inkubator

Tujuan utama menjaga dan merawat sebuah neonatus dalam inkubator adalah :

  1. Pemeliharaan suhu lingkungan bayi secara thermoneutral 
  2. Penyediaan kelembaban yang diinginkan dan oksigenasi yang adekuat
  3. Pengamatan neonatus yang sedang sakit 
  4. Isolasi bayi yang baru lahir dari infeksi lingkungan, eksternal yang tidak menguntungkan 

Jenis-jenis Inkubator

Mesin Inkubator ada banyak jensi, nah apa saja jeni-jenis alat inkubator ini

Portable dan inkubator non-Portable 



Portable dan inkubator non-Portable dapat digunakan untuk mengalihkan pasien ke rumah sakit daerah lain yang diperlukan. 

Inkubator Armstrong



Inkubator Armstrong adalah jenismesin inkubator yang dikenal juga sebagai inkubator buka kotak. sini neonatus adalah tetap pada buaian kaca untuk menjaga bayi tidak stabil atau bayi baru lahir. Sebuah sinar hangat dapat dilampirkan jika kebutuhan anak. 

kekurangan dari inkubator jenis Armstrong ini adalah, jenis inkubator itu tidak dapat menjaga lingkungan thermoneutral jika sering tutup terbuka. Meskipun tidak dapat menyaring udara dan neonatus secara langsung dalam kontak dengan lingkungan eksternal. Hal ini memiliki keuntungan hanya itu neonatus di inkubator ini dapat diamati dengan baik dan dapat ditangani dengan mudah. 

Inkubator Tertutup



Jenis inkubator ini memiliki fungsi khusus untuk berkonsentrasi udara segar setelah filtrasi. Hal ini mencegah kehilangan air dari radiasi. Sebagai neonatus tetap dalam kotak f risiko infeksi adalah minimum. 

Inkubator Double



Double-inkubator berdinding memiliki dua dinding. Seperti udara tidak baik konduktor panas inkubator mencegah kehilangan panas dan cairan. 

Servo Kontrol Inkubator



Inkubator jenis ini adalah tipe terbaik dari inkubator dan paling sering diinginkan. Hal ini secara otomatis dioperasikan dan set parameter sesuai kebutuhan neonatus. Kulit thermo sensor atau kapsul ditempelkan dengan dinding abdomen pertengahan antara umbilikus dan neonatus xiphisternum, dan inkubator diatur untuk menjaga suhu yang diinginkan di 360c. 

Sensor kulit feed informasi mengenai suhu kulit dengan termostat yang secara otomatis mengatur output panas untuk mempertahankan suhu yang diinginkan dari neonatus. Hal ini juga dilengkapi dengan alarm visual inbuilt audio untuk suhu yang disetel dengan suhu yang diinginkan atas dan bawah, aliran udara dan kegagalan probe. 

Monitor panas inbuilt memberikan informasi mengenai jumlah panas yang dihasilkan oleh inkubator untuk menjaga hangat neonatus. Ketika membaca output pemanas adalah minimal atau nihil itu menunjukkan bahwa neonatus mampu menghasilkan tingkat metabolisme cukup panas untuk menjaga dirinya yang hangat dan neonatus dapat diambil dari inkubator atau dirawat di ranjang terbuka model terbaru dari inkubator telah mempersenjatai sistem yang bahkan menunjukkan. tindakan yang akan dilakukan. 

Bagaimana Ideal Pengaturan mesin Inkubator

Setting inkubator tergantung pada berbagai parameter neonatus serta lingkungan misalnya usia kehamilan, jatuh tempo, suhu tubuh dan ada tidaknya penyakit. Fitur Bibitan suhu 28-300C. Suhu inkubator harus seperti itu akan mempertahankan suhu neonatus antara 35-37 derajat celcius.

Kisaran Temperatur Inkubator Berdasarkan Umur kelahiran dan Berat badan dalam gram 

pengaturan suhu netral mesin inkubator bayi
Pengaturan kelembaban 60-70% sudah cukup bagi sebagian besar keadaan. Pemberian oksigen di dalam inkubator tergantung pada kesejahteraan dan kemampuan beradaptasi bayi atau neonatus di lingkungan eksternal, tetapi 7-10 liter/min oksigen cukup ke neonatus kecuali neonatus memiliki beberapa pantangan.

Prosedur Menyalakan dan Pengecekan Kelayakan Mesin Inkubator

  • Hangatkan dan berikan oksigen mesin inkubator setelah Anda menerima pesan akan menerima pasien yang membutuhkan perawatan Inkubator. Umumnya 10-15 menit sebelumnya.
  • Periksa pesanan dokter
  • Jelaskan kebutuhan perawatan inkubator kepada orang tua neonatus.
  • Sesuaikan parameter inkubasi dan memelihara, ikuti tabel.
  • Lepaskan kain dari neonatus dan tempat di dalam inkubator.
  • Memberikan perawatan neonatus teliti selama masih di sisi.
  • Lanjutkan perawatan melalui lubang port.
  • Laporan ke dokter bila bayi tidak mempertahankan suhu, umumnya setelah dua kali pembacaan abnormal.
  • Jangan membawa keluar neonatus tanpa alasan dibenarkan.
  • Dokumentasikan waktu dan kondisi neonate.
  • Dalam sistem perawatan terbuka, menutupi bayi dengan kain hangat atau panas untuk meminimalkan resiko.

Bagimana Cara Pembersihan dan Proses Sterilisasi Mesin Inkubator

Ketika inkubator telah selesai digunakan atau ditempati, harus dibersihkan setiap hari dengan deterjen ringan. Ruang humidifier harus dikosongkan dan dibersihkan setiap hari, isi dengan air suling segar. 
Setelah tujuh hari neonatus harus diayak untuk inkubator lain dan digunakan inkubator harus dibersihkan dengan antiseptik solution.
1-2 ml asam asetat glasial atau cuka dapat ditambahkan ke dalam air humidifier untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Pertimbangan khusus Bayi semasa Perawatan inkubator

  1.  Adalah penting bahwa inkubator tidak boleh mengganggu pengamatan dari neonatus dan kualitas pelayanan.
  2. Rangsangan sensoris seperti cahaya dan rasa sakit harus diperhatikan dan minimal. 
  3. Ketika neonatus dalm kondisi demam maka, mode inkubator harus diubah dalam mode normal. 
  4. Ketika neonatus yang dirawat dalam posisi rawan, sensor kulit ditempatkan di atas panggul dan tidak menyentuh tempat tidur. 
  5. Neonatus didalam mesin inkubator tidak boleh dimandi. 
  6. Linen harian harus disimpan dalam inkubator untuk menjaganya agar tetap hangat. 
  7. Selalu perhatikan alarm mesin Inkubator 
Bayi lahir prematur dan Hampir semua rendah membutuhkan perawatan inkubator. Kecuali bayi sangat kecil atau sakit membuka sistem perawatan Aku lebih baik atas sistem tertutup karena akses mudah ke bayi. 

Referensi: 
  1. Singh Meharwan, Perawatan Bayi, 6th edition,, 2004 diterbitkan oleh Narinder K Singh, baru Delhi-01.
  2. Klinik Perawatan Protokol, Jasa Perawatan, Medical College Kristen, Vellore. 
  3. Prajapati Badev, prosedur Pokok di Pediatrics, 1st edition 2003, publikasi medis Jaypee saudara, New Delhi. 
  4. Gupte Suraj, Buku teks Pediatrics, edisi 7, 1996, publikasi medis Jaypee saudara, New Delhi.

0 Response to "Prosedur Perawatan Bayi dalam Inkubator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel