Apasih Perbedaan Antara Echocardiogram Vs EKG, Yang Mana Yang Paling Efektif

 Echocardiogram vs EKG


APA Perbedaan Echocardiogram dan EKG ?

Saat mempertimbangkan Echocardiogram vs. EKG, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang kedua tes tersebut. Baik Echocardiogram dan EKG sangat penting dan merupakan tes jantung yang biasa digunakan untuk mendiagnosis berbagai bentuk penyakit jantung. Echocardiogram adalah USG jantung yang memberikan gambar bergerak dan memberikan informasi tentang struktur dan fungsi jantung. EKG adalah pelacakan jantung yang terutama memberikan informasi tentang ritme jantung. Kedua tes ini sering digunakan bersamaan dan saling melengkapi.

Echocardiogram vs EKG - Nama Lain

Echocardiogram juga dikenal sebagai pemindaian ultrasonografi jantung, gema, atau sonar jantung. EKG juga dikenal sebagai EKG, EKG 12 sadapan, atau elektrokardiogram.

Echocardiogram vs EKG - Keduanya Dianggap Non-invasif

Di bawah ini kami membahas perbedaan dalam melakukan Echocardiogram vs. EKG. Kedua tes ini dianggap sebagai tes jantung non-invasif. Pasien diharapkan tidak merasakan sakit apapun dari kedua tes tersebut. Ini berbeda dengan tes invasif seperti kateterisasi jantung.

Echocardiogram vs EKG - Kapan Digunakan?

EKG adalah tes jantung yang paling sering digunakan. Pada dasarnya setiap pasien yang dievaluasi untuk masalah terkait jantung atau gejala terkait jantung mendapatkan EKG. Echocardiogram juga sangat umum digunakan tetapi tidak sesering EKG. EKG juga dapat dianggap sebagai tes skrining yang dilakukan pada hampir semua orang yang memiliki riwayat dan fisik. Gema lebih spesifik diperintahkan bila ada tanda dan gejala penyakit jantung.

Echocardiogram vs EKG - Bagaimana Cara Melakukannya?

EKG - 10 bantalan lengket kecil di berbagai tempat di dinding dada kemudian dipasang timah dari mesin EKG. Kabel ini mengirimkan data yang menggunakan aktivitas listrik jantung untuk menghasilkan penelusuran. Untuk beberapa pria, bulu dada mungkin perlu dicukur di beberapa tempat untuk meningkatkan kontak dan memastikan penelusuran yang baik.

Echocardiogram - Pasien diberi gaun untuk dikenakan dan berbaring di atas meja yang dirancang khusus untuk melakukan ekokardiogram. Pasien biasanya akan berbaring di sisi kiri. Gel USG dioleskan ke berbagai area dinding dada kemudian probe USG diletakkan di dada dan diambil gambarnya.

Echocardiogram vs EKG - Berapa Lama Prosesnya?

EKG - Tes itu sendiri membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Sebagian besar dari itu adalah menerapkan petunjuk; pelacakan itu sendiri hanya membutuhkan beberapa detik untuk dibuat.

Echocardiogram - Dalam kebanyakan kasus, diperlukan sekitar 20 menit untuk menyelesaikan tes. 5 menit di antaranya mungkin dihabiskan untuk persiapan dan 15 menit digunakan untuk memotret. Dalam beberapa kasus, tergantung pada informasi spesifik yang diperlukan, tes dapat memakan waktu lebih lama.

Echocardiogram vs EKG - Informasi Apa yang Mereka Berikan?

EKG adalah penelusuran jantung. Ini memberikan informasi tentang ritme dan detak jantung. Di luar gangguan irama jantung, penelusuran jantung abnormal dapat mengarah ke berbagai status penyakit. Gangguan ritme jantung mungkin termasuk detak jantung cepat (takikardia), detak jantung rendah (bradikardia), blok jantung; detak jantung tidak teratur (fibrilasi atrium). Selain itu dapat memberikan petunjuk mengenai pembesaran bilik jantung dan kelainan otot jantung. Penggunaan pelacakan jantung EKG yang sangat penting adalah dalam evaluasi dugaan serangan jantung. EKG adalah tes pilihan darurat pada pasien dengan nyeri dada.

Echocardiogram adalah pemindaian ultrasonografi jantung yang menunjukkan gambar bergerak yang menunjukkan struktur dan fungsi jantung. Ini menunjukkan informasi akurat tentang fungsi pemompaan jantung dan ukuran ruang jantung. Untuk alasan ini, mereka adalah tes yang berharga dalam evaluasi gagal jantung. Echocardiogram juga memberikan informasi yang sangat akurat tentang fungsi katup jantung. Mereka dapat digunakan untuk mengidentifikasi katup jantung yang bocor atau kencang. Meskipun EKG dapat memberikan petunjuk untuk banyak diagnosis ini, Echocardiogram dianggap jauh lebih akurat untuk struktur dan fungsi jantung.

Echocardiogram vs. EKG - Keduanya Saling Melengkapi

Yang penting dalam banyak kasus EKG abnormal, gema akan dipesan. Misalnya jika pasien datang dengan palpitasi dan penelusuran jantung tidak teratur diambil, pasien akan dikirim untuk Echocardiogram juga untuk mengevaluasi struktur dasar dari gangguan fungsional yang mungkin menjadi penyebab irama. Jika pasien mengalami nyeri dada dan EKG menunjukkan kemungkinan serangan jantung atau penyumbatan, Echocardiogram kemungkinan akan dilakukan untuk melihat tingkat kerusakan. Semoga artikel ini membantu menjelaskan Echocardiogram vs EKG.

Artikel sumber : Disini

0 Response to "Apasih Perbedaan Antara Echocardiogram Vs EKG, Yang Mana Yang Paling Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel