HUBUNGAN SCHIZOPHRENIA DENGAN HALUSINASI

jenis-jenis halusinasi


APA ITU HALUSINASI

Halusinasi adalah suatu gangguan persepsi oleh panca indra manusia, yang tidak terdapat stimulus atau rangsangan dari luar tubuh.

jadi bisa dikatakan halusinasi adalah, gangguan kejiwaan yang penderita merasakan seperti merasakan adanya rangsangan berupa dorongan atau perintah atau hanya berupa suara untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ada rangsangan tersebut.

Gangguan persepsi yang utama pada penderita SCHIZOPHRENIA adalah halusinasi, sehingga halusinasi menjadi bagian hidup penderita. jenis gangguan yang sering dirangsang oleh penderita skhizoprenia berupa kecemasan, sehingga menyebabkan perubahan perilaku penderita, gangguan harga diri, kritis diri, atau mengingkari rangsangan terhadap kenyataan.

Halusinasi pendengaran adalah jenis gangguan halusinasi yang paling utama pada penderita SCHIZOPHRENIA. penderita mengeluhkan sering mendengar suara – suara atau bisikan-bisikan yang katanya berasal dari Tuhan, setan, tiruan atau relatif. Dampak dari halusinasi ini akan menghasilkan tindakan/perilaku pada pasien yang berbeda dengan manusia normal. 


Jenis-jenis halusinasi berdasarkan karakteristik tertentu

Halusinasi Pendengaran 

Jika seorang mengalami halusinasi pendengaran maka karakteristiknya ditandai dengan penderita sering mendengar suara-suara, terutama suara orang, sehingga biasanya pasien bertingkah seperti sedang berbincang dan membicarakan sesuatu, tentang apa yang sedang dipikirannya dan memerintahkan untuk melakukan sesuatu.

Halusinasi Penglihatan

Halusinasi penglihatan karakteristik adalah penderita mendapatkan adanya stimulus berupa penglihatan dalam bentuk pancaran cahaya, gambaran geometrik, gambar kartun dan / atau panorama yang luas dan kompleks. 

Persepsi penderita halusinasi Penglihatan biasanya menyenangkan atau menakutkan.

Halusinasi Penciuman

Bagi penderita halusinasi penciuman, karakteristiknya ditandai dengan penderita akan merasakan sensasi adanya bau busuk, amis atau bau yang menjijikkan seperti : darah, urine atau feses. 

Kadang – kadang penderita juga akan menghirup bau-bau harum. Biasanya penderita halusinasi penciuman berhubungan dengan penyakit stroke, tumor otak, kejang dan dementia. karena adanya gangguan pada otak sehingga menyebabkan persepsi indra penciuman menjadi terganggu.

Halusinasi Peraba

Jika menderita halusinasi peraba maka karakteristiknya ditandai dengan penderita merasakan adanya sensasi rasa sakit atau tidak enak pada sebagian atau seluruh tubuh tanpa adanya stimulus yang terlihat. 

Penderita halusinasi peraba akan merasakan sensasi tersengat aliran listrik yang datang dari dalam tanah, benda mati atau merasakan seperti ada orang lain yang menyentuhnya atau merabanya.

Halusinasi Pengecapan

Halusinasi pengecapan Karakteristiknya hampir sama dengan penderita halusinasi penciuman yaitu biasanya penderita akan merasakan sesuatu yang berbau busuk, amis dan menjijikkan.

Jika penderita halusinasi pengecapan, akan sering terlihat seperti meludah atau perasaan mual terus karena efek dari halusinasinya.

Halusinasi Kinestetik

Penderita halusinasi Kinestetik karakteristiknya biasanya ditandai dengan penderita akan merasakan fungsi dan kerja dari anggota tubuhnya. misalnya saja penderita seperti merasakan aliran darahnya mengalir melalui pembulu darahnya, atau seperti sedang merasakan tangannya bergerak sendiri.

Hal yang perlu diwaspadai pada penderita halusinasi adalah, menjaga agar penderita tidak mencederai tubuhnya atau mencederai orang yang disekitanya.

0 Response to "HUBUNGAN SCHIZOPHRENIA DENGAN HALUSINASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel