Arti dan Makna Keperawatan Sebagai Suatu Profesi.

Arti dan Makna Keperawatan Sebagai Suatu Profesi.

Dalam sejarah perkembangannya, keperawatan sejak pernyataan Florence Nightingale yang merupakan awal era perkembangan sistematik dari keperawatan, secara perlahan, teratur dan terus menerus bergerak menuju ke tingkat perkembangan keperawatan sebagai profesi yang mandiri. Proses ini merupakan proses jangka panjang yang lebih bertujuan membangun landasan keilmuan dan landasan moral yang kokoh dari praktek keperawatan, melalui inovasi dalam pendidikan keperawatan.

Profesionalisasi merupakan proses dinamis dimana profesi yang sedang terbentuk mengalami perubahan karakteristik dan meningkat menjadi profesi. Di Indonesia profesionalisasi keperawatan dimulai dengan intensif pada tahun 1983 setelah ditetapkan pengertian keperawatan professional sebagai hasil lokakarya nasional yang pertama tentang keperawatan.

Proses profesionalisasi pada dasarnya adalah proses pengakuan yaitu pengakuan terhadap sesuatu yang dirasakan, dinilai dan diterima secara spontan oleh masyarakat. Anggota profesi yang sedang terbentuk seperti halnya profesi keperawatan selalu berusaha untuk memperoleh pengakuan sebagai anggota profesi yan penuh dengan cara berperilaku dan bertindak menurut kaidah-kaidah yang sesuai dengan karakteristik suatu profesi, dan berusaha menghindar perbuatan yang tidak professional.

Ciri-Ciri Suatu Profesi :

1.      Memiliki tubuh pengetahuan (body of knowledge) yang berbatas jelas yaitu ilmu keperawatan.

2.      Pendidikan khusus berbasis keahlian (expertise) dan berada pada jenjang pendidikan tinggi yaitu system pendidikan tinggi keperawatan(nursing higher education system) sebagai bagian integral dari system pendidikan tinggi nasional.

3.      Memberikan pelayanan kepada masyarakat atau praktek dalam bidan keprofesiannya yaitu praktek keperawatan ilmiah (scientific nursing practice).

4.      Memiliki perhimpunan dalam bidang keprofesian.

5.      Memberlakukan kode etik (code of ethics) yaitu kode etik keperawatan sebagai tuntunan utama dalam melaksanakan praktek keperawatan dan dalam kehidupan keprofesian.

6.      Memiliki motivasi yang bersifat altruistic yaitu mendahulukan kepentingan orang lain yaitu masyarakat dari pada kepentingannya sendiri

Berikut kelompok ilmu, cabang ilmu dan beban studi pada kurikulum inti program pendidikan ners :

1.      Kelompok humaniora, filsafat, metodologi, etika dan hukum kesehatan. Kelompok ini merupakan landasan pengajaran dan penerapan, khususnya sebagai penggabung kelompok-kelompok ilmu lain pada program pendidikan ners.

2.      Kelompok ilmu alam dasar. Merupakan landasan pemahaman konsep dan teori tentang alam dan kehidupan, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan dan keperawatan.

3.      Kelompok ilmu sosial. Merupakan landasan pemahaman aspek sosiologi yang berhubungan dengan profesi keperawatan.

4.      Kelompok ilmu biomedik. Merupakan landasan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori yang berhubungan dengan struktur dan fungsi manusia sehat serta berbagai bentuk kemungkinan penyimpangan, mulai dari tingkat manusia utuh hingga tingkat sub seluler.

5.      Kelompok ilmu kesehatan masyarakat. Merupakan landasan pemahaman tentang konsep-konsep kesehatan masyarakat khususnya yang berhubungan dengan profesi keperawatan.

6.      Kelompok ilmu kedokteran klinik. Memberikan landasan pemahaman tentang berbagai bentuk kelainan atau penyimpangan fungsi system organ dan pengelolaannya, khususnya yang berhubungan dengan profesi keperawatan.

7.      Kelompok ilmu keperawatan dasar. Kelompok ini memberikan landasan pemahaman tentang konsep dan teori keperawatan.

8.      Kelompok ilmu keperawatan klinik. Memberikan landasan pemahaman tentang berbagai bentuk masalah keperawatan, dan berbagai cara pengelolaannya dalam bentuk metode intervensi atau tindakan keperawatan pada asuhan keperawatan.

9.      Kelompok ilmu keperawatan komunitas. Memberikan landasan pemahaman tentang bentuk masalah keperawatan di masyarakat termasuk masalah usia lanjut serta cara pengelolaannya.



0 Response to "Arti dan Makna Keperawatan Sebagai Suatu Profesi."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel